Warning: getimagesize(https://www.sman4luwuutara.sch.id/wp-content/gallery/hijaunya/Green-Hill-SMAN-1-Bone-Bone-6.JPG): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 404 Not Found in /home/u6354800/public_html/masbied.com/sman4luwuutara.sch.id/wp-content/plugins/wp-open-graph/output.class.php on line 306

Kolintang

Di kabupaten Luwu Utara terdapat banyak SMA/SMK/MA. Dan diantara dari sekian banyak sekolah di Luwu Utara, SMAN 1 Bone-Bone merupakan salah satu yang sering menjadi pusat perhatian.Hal ini dikarenakan SMAN 1 Bone-Bone merupakan sekolah yang sering mewakili luwu utara dalam berbagai event, contohnya event seni. Dari sekian banyak eskul seni di SMAN 1 Bone-Bone, ada eskul seni yang paling keren dan sering membanggakan nama sekolah yakni KOLINTANG COMMUNITY.

Kolintang community merupakan suatu eskul di SMAN 1 Bone-Bone yang menampilkan atau memainkan alat musik kolintang yang berasal dari sulawesi utara. Dalam memainkan alat musik kolintang ini, para siswa diajar atau dilatih oleh guru kesenian dan pihak sekolah tentunya yang telah tahu betul memainkan alat musik ini. Yang menarik disini bahwa di Kabupaten Luwu Utara, hanya SMAN 1 Bone-Bone yang memiliki alat musik ini, Sehingga jika ada event atau kegiatan yang dilaksanakan, maka SMAN 1 Bone-Bone akan diundang untuk menampilkan alat musik tradisional ini. Dan baru-baru ini SMAN 1 Bone-Bone diundang oleh provinsi untuk menampilkan aksi siswa-siswa dalam bermain kolintang tentunya. Hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi SMAN 1 Bone-Bone.

Dalam menampilkan performance yang menarik dan memukau dalam bermain kolintang , pastinya butuh latihan yang serius dari pembina. Latihan bermain kolintang diadakan hampir setiap hari pada sore hari di sekolah. Akibat adanya latihan yang serius, kolintang community ini sudah mampu menghasilkan alunan-alunan musik yang indah dan merduh. Mereka mampu memainkan berbagai jenis musik, mulai dari pop, rock maupun dangdut. Alat musik kolintang ini tidak hanya dijadikan sebagai suatu ekskul, tetapi juga sebagai media pembelajaran bagi siswa dalam mempelajari mata pelajaran kesenian. Hal ini dilakukan dengan harapan, siswa mampu mengenal alat-alat musik tradisonal indonesia dan mampu memainkan tentunya, sehingga bisa menghasilkan alunan-alunan yang indah. (Indra)

X