Di kabupaten Luwu Utara terdapat banyak SMA/SMK/MA. Dan diantara dari sekian banyak sekolah di Luwu Utara, SMAN 4 Luwu Utara merupakan salah satu yang sering menjadi pusat perhatian.Hal ini dikarenakan SMAN 4 Luwu Utara merupakan sekolah yang sering mewakili luwu utara dalam berbagai event, contohnya event seni. Dari sekian banyak eskul seni di SMAN 4 Luwu Utara, ada eskul seni yang paling keren dan sering membanggakan nama sekolah yakni KOLINTANG COMMUNITY.
Kolintang community merupakan suatu eskul di SMAN 4 Luwu Utara yang menampilkan atau memainkan alat musik kolintang yang berasal dari sulawesi utara. Dalam memainkan alat musik kolintang ini, para siswa diajar atau dilatih oleh guru kesenian dan pihak sekolah tentunya yang telah tahu betul memainkan alat musik ini. Yang menarik disini bahwa di Kabupaten Luwu Utara, hanya SMAN 4 Luwu Utara yang memiliki alat musik ini, Sehingga jika ada event atau kegiatan yang dilaksanakan, maka SMAN 4 Luwu Utara akan diundang untuk menampilkan alat musik tradisional ini. Dan baru-baru ini SMAN 4 Luwu Utara diundang oleh provinsi untuk menampilkan aksi siswa-siswa dalam bermain kolintang tentunya. Hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi SMAN 4 Luwu Utara.
Dalam menampilkan performance yang menarik dan memukau dalam bermain kolintang , pastinya butuh latihan yang serius dari pembina. Latihan bermain kolintang diadakan hampir setiap hari pada sore hari di sekolah. Akibat adanya latihan yang serius, kolintang community ini sudah mampu menghasilkan alunan-alunan musik yang indah dan merduh. Mereka mampu memainkan berbagai jenis musik, mulai dari pop, rock maupun dangdut. Alat musik kolintang ini tidak hanya dijadikan sebagai suatu ekskul, tetapi juga sebagai media pembelajaran bagi siswa dalam mempelajari mata pelajaran kesenian. Hal ini dilakukan dengan harapan, siswa mampu mengenal alat-alat musik tradisonal indonesia dan mampu memainkan tentunya, sehingga bisa menghasilkan alunan-alunan yang indah. (Indra)
Seni kolintang adalah salah satu ekspresi budaya tradisional Indonesia yang memikat dan indah. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya pembinaan seni kolintang pada siswa SMA, bagaimana pengembangan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan siswa, serta beberapa prestasi siswa Indonesia yang telah mengukir nama dalam dunia seni kolintang.
Pentingnya Pembinaan Seni Kolintang
Pembinaan seni kolintang pada siswa SMA memiliki beberapa alasan yang sangat penting:
- Pengembangan Keterampilan Musikal: Seni kolintang adalah bentuk seni musik yang kaya, dan bermain kolintang melibatkan permainan instrumen tradisional. Ini membantu siswa mengembangkan keterampilan musik mereka.
- Pengenalan Warisan Budaya: Melalui seni kolintang, siswa dapat mengenal warisan budaya Indonesia yang kaya. Mereka memahami nilai-nilai budaya dan tradisi yang mendasari seni kolintang.
- Kerja Sama dan Kedisiplinan: Bermain kolintang dalam kelompok memerlukan kerja sama yang baik. Siswa belajar bekerja sama dalam ensambel musik dan menghormati peran masing-masing, yang membangun kedisiplinan.
- Kreativitas dan Ekspresi: Siswa dapat mengekspresikan kreativitas mereka melalui komposisi musik kolintang. Mereka juga belajar mengapresiasi keindahan nada dan harmoni dalam musik.
- Prestasi dan Penghargaan: Seni kolintang memiliki kompetisi baik di tingkat sekolah maupun nasional. Ini memberikan siswa kesempatan untuk meraih prestasi dan penghargaan dalam dunia seni musik.
Pengembangan Seni Kolintang untuk Siswa SMA
Bagaimana pengembangan kegiatan seni kolintang dapat diwujudkan di SMA? Berikut adalah beberapa langkah penting:
1. Guru Pembimbing dan Pelatih Berkualitas: Sekolah perlu memiliki guru pembimbing dan pelatih yang memiliki pengetahuan mendalam tentang seni kolintang dan pengalaman dalam melatih siswa.
2. Sarana dan Prasarana yang Memadai: Penting untuk memiliki alat musik kolintang yang berkualitas, ruang latihan yang sesuai, dan tempat penyimpanan yang aman.
3. Program Latihan yang Terstruktur: Siswa perlu memiliki program latihan yang terstruktur. Ini termasuk belajar teknik bermain kolintang, komposisi musik, dan pembentukan ensambel kolintang.
4. Kompetisi Seni Kolintang: Sekolah dapat mengikutsertakan ensambel seni kolintang dalam kompetisi di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Ini memberikan siswa peluang untuk menunjukkan bakat mereka dan meraih penghargaan.
5. Pertunjukan di Sekolah dan Masyarakat: Siswa harus memiliki kesempatan untuk tampil di acara sekolah, seperti perayaan sekolah, dan juga di hadapan masyarakat. Ini membangun rasa kebanggaan dan pengakuan atas usaha mereka.
Prestasi Siswa Indonesia dalam Seni Kolintang
Siswa Indonesia telah meraih prestasi yang membanggakan dalam kompetisi seni kolintang internasional. Misalnya, pada tahun 2018, grup kolintang dari Indonesia berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Kolintang Asia di Malaysia. Prestasi ini tidak hanya membanggakan sekolah mereka, tetapi juga Indonesia sebagai negara.
Manfaat Pengembangan Seni Kolintang
Pengembangan seni kolintang pada siswa SMA memiliki manfaat yang signifikan:
- Pengembangan Keterampilan Musikal: Siswa mengembangkan keterampilan bermain instrumen musik kolintang dan pemahaman mendalam tentang musik tradisional Indonesia.
- Pengenalan Warisan Budaya: Siswa memahami dan menghargai warisan budaya Indonesia yang kaya melalui seni kolintang.
- Kerja Sama dan Kedisiplinan: Bermain kolintang dalam kelompok membangun kerja sama tim dan kedisiplinan.
- Kreativitas dan Ekspresi: Siswa dapat mengekspresikan kreativitas mereka melalui komposisi musik dan improvisasi dalam seni kolintang.
- Prestasi dan Penghargaan: Siswa memiliki kesempatan untuk meraih prestasi dalam kompetisi seni kolintang, yang meningkatkan rasa percaya diri dan prestise sekolah.
Pembinaan seni kolintang pada siswa SMA adalah langkah penting dalam pengembangan keterampilan musik, pemahaman budaya, kerja sama tim, dan karakter siswa. Dengan guru pembimbing dan pelatih yang berkualitas, sarana yang memadai, program latihan yang terstruktur, dan partisipasi dalam kompetisi seni kolintang, siswa dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam seni musik tradisional dan meraih prestasi. Prestasi siswa Indonesia dalam kompetisi seni kolintang juga menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh para siswa dan pentingnya mendukung dan mempromosikan seni kolintang di sekolah. Selain prestasi, pengembangan seni kolintang juga memberikan manfaat nyata dalam pembentukan karakter siswa dan semangat berprestasi, serta menghubungkan mereka dengan kekayaan budaya Indonesia.