Warning: getimagesize(https://www.sman4luwuutara.sch.id/wp-content/gallery/hijaunya/Green-Hill-SMAN-1-Bone-Bone-6.JPG): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 404 Not Found in /home/u6354800/public_html/masbied.com/sman4luwuutara.sch.id/wp-content/plugins/wp-open-graph/output.class.php on line 306

MPK

Kalian tahu tidak tentang sistem ketatanegaraan tertinggi di Indonesia sebelum reformasi? Yah betul banget, sebelum reformasi Majelis Permusyawaratan Rakyat atau sering disingkat MPR merupakan lembaga tertingi negara yang menjalankan kedaulatan rakyat indonesia. Kenapa? Karena MPR dianggap jelmaan dari seluruh rakyat Indonesia, yang terdiri atas anggota DPR, utusan daerah, dan utusan golongan. Sama halnya dengan SMAN 1 BONE-BONE, SMAN 1 BONE-BONE memiliki tatanan keorganisasian dan organisasi tertinggi layaknya sistem pemerintahan di Indonesia yang dikenal dengan nama MPK.

MPK merupakan Majelis Permusyawaratan Kelas yang beranggotakan pengurus kelas dari setiap kelas yang berada di SMAN 1 BONE-BONE. Fungsi dari MPK sendiri ialah mengawasi setiap kinerja dan sebagai pengawas kebijakan yang di ambil oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Ada sedikit hal yang berbeda dengan MPK yang berada di SMAN 1 BONE-BONE yaitu walaupun mereka (pengurus dan anggota MPK) bertugas untuk sekedar mengawasi kinerja osis tapi, pada kenyataannya MPK SMAN 1 BONE-BONE tak segan-segan untuk turun tangan membantu kinerja osis tersebut. Tidak hanya itu loh, MPK juga memiliki aktivitas lain seperti mengawasi, melaksanakan, dan bertanggung jawab atas berlangsunngnya pemilihan ketua osis dan wakil ketua osis.  MPK juga memiliki wewenang untuk mengkudeta atau penggulingan kekuasaan terhadap Ketua, Wakil, maupun anggota OSIS yang melakukan pelanggaran sehingga mereka harus diberhentikan dari organisasi tersebut. (Sogi)

X