Warning: getimagesize(https://www.sman4luwuutara.sch.id/wp-content/gallery/hijaunya/Green-Hill-SMAN-1-Bone-Bone-6.JPG): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 404 Not Found in /home/u6354800/public_html/masbied.com/sman4luwuutara.sch.id/wp-content/plugins/wp-open-graph/output.class.php on line 306

Visi dan Misi

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, memudarnya pemahaman dan penanaman nilai-nilai budaya dan karakter bangsa, serta berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, mendorong sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Bone-Bone memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam visi sekolah sebagai berikut:

VISI SMA NEGERI 1 BONE – BONE

UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARAN IMAN DAN TAQWA

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi yang ada, sesuai dengan norma, nilai-nilai budaya dan karakter bangsa, serta harapan masyarakat.

Dalam rangka untuk mewujudkan visinya, SMA Negeri 1 Bone-Bone menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:

MISI SMA NEGERI 1 BONE – BONE

  1. Meningkatkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
  2. Mengembangkan pembelajaran dan penilaian melalui Kurikulum berbasis Kompetensi.
  3. Menciptakan iklim Sekolah yang kondusif sesuain perannya sebagai komunitas pengembangan budaya dan sebagai komunitas ilmiah.
  4. Menerapkan manajemen partisipasi dengan melibatkan semua warga sekolah, komite sekolah, dan stake holder.
  5. Mengembangkan konsep Pendidikan berorientasi life skill melalui pendekatan pendidikan berbasis wirausaha.
  6. Menggali, membina, dan mengembangkan potensi siswa yang berlatar belakang heterogen.

TUJUAN SMA NEGERI 1 BONE-BONE

Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Implementasi tujuan pendidikan nasional dijabarkan pada tujuan satuan-satuan pendidikan. Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Penjabaran tujuan pendidikan menengah ini, secara operasional terimplementasi pada setiap satuan pendidikan. Tujuan SMA Negeri 1 Bone-Bone berdasarkan visi dan misi yang diembangnya, dijabarkan dalam program tahunan yang bersifat spesifik sebagai berikut:

  1. Meningkatan peran serta siswa dalam kegiatan keagamaan baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  2. Menanamkan disiplin dan percaya diri pada setiap tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik;
  3. Menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, dan bersahaja.
  4. Meningatkan pelayanan Prima pada siswa, guru, dan pegawai administrasi sesuai dengan fungsinya.
  5. Meningkatkan pencapaian rata-rata nilai UN;
  6. Meningkatkan potensi siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.
  7. Meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi;
  8. Meningkatkan prestasi siswa dalam berbagai event baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional melalui olimpiade Sains, Seni, olah raga, dan sejenisnya
  9. Peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
  10. Meningkatkan kerja sama dan solidaritas warga sekolah dan stake holder.
  11. Meningkatkan kerja sama pada pihak lain.
X