4 Siswa SPALTRA ke RAINAS 2023

Oleh : Zalsa Luna Geolwu (XII MIPA 6)

Kelas 12 semester 1 dipenuhi banyak kegiatan-kegiatan sekolah salah satunya yaitu pramuka. Tepat pada bulan Juli saya mengetahui bahwa akan ada terbuka pendaftaran calon peserta Raimuna XII 2023 di Cibubur. Namun pada saat itu kabarnya hanya 1 orang terpilih tiap sekolah sedangkan calon seleksi dari sekolah kami yaitu 3 orang. Pada hari itu saya 2 orang teman saya yaitu Abi dan Alma di usulkan oleh guru saya untuk mewakili SMAN 4 Luwu Utara pada pendaftaran calon peserta Raimuna. Setelah mengurus surat-surat dan administrasi lainnya kami pun bergegas menuju ke Masamba untuk mengikuti tes calon peserta Raimuna XII tanpa pendamping bahkan berkas yang diperlukan sampai bingung dan lagi-lagi optimis bahwa seleksi berkas pasti tidak losos tapi tetap harus percaya diri. Alhamdulillah dimudahkan diberi jalan untuk berkasnya nyusul besok. Dengan perasaan tegang, takut, senang dan sedih pun tercampur dan lagi-lagi optimis dengan beberapa syarat yaitu materi, fisik, dan bakat. Tes demi tes dilalui sampai selesai. Setelah sehari kami melewati berbagai macam tes kami menunggu kurang lebih 2-3 hari hasil pengumuman tersebut. Dan hari dimana pengumuman kami diumukan melalui via WA ternyata kami bertiga lulus menjadi peserta Raimuna XII. Alhamdulillah dengan perasaan senang, shock sampai menangis terharu. Namun tidak hanya sampai situ, kami kembali dibuat bingung dengan biaya, yang awalnya sekolah hanya memberikam bantuan untuk dua orang karena kouta hanya dua orang tapi yang lolos tiga orang dan salah satu diantara kami harus ada yang mengalah. Dan waktu itu saya mengalah namun, diberikan kemudahan untuk ketiga orang dibantu oleh pihak sekolah. Kami bertiga khususnya saya ingin berterima kasih kepada pihak sekolah bapak/ibu guru kami di SMAN 4 Luwu Utara karena mendukung dalam kegiatan nasional Raimuna XII ini.

Setelah beberapa hari telah dilewati mulai dari pendaftaran sampai kelulusan pendafatran, kami harus menerima resiko jauhnya latihan dan belajar Bone-bone ke Masamba. Begitu banyak pelajaran senang suka duka yang dilewati sampai masih tidak menyangka bisa sejauh ini pergi karena pramuka. Setelah pengumuman, dilakukannyalah karantina atau pembekalan selama 1 minggu dengan tujuan untuk mempelajari lebih dalam lagi ilmu mengenai pramuka yang nantinya akan berguna selama kegiatan di Cibubur. Namun sebelum dari itu saya dan teman saya yaitu Abi terpilih menjadi Pradana-Pradani Raimuna XII yang akan mewakili Luwu Utara. Pada karantina kami diberikan materi dan contoh praktik yang telah dipelajari pada materi sebelumnya. Pembekalan disitulah kami mulai berkenalan dari daerah lain dan selama seminggu itu penuh suka dan duka teman-teman raimuna.

Setelah pembekalan sampailah dipenghujung kegiatan di Luwu Utara yaitu latihan persiapan pelepasan sebelum berangkat ke Jakarta tempat kegiatan Raimuna. Perasaan senang karena bisa melewati semua bentuk latihan dan kesanggupan selama pembekalan. Dan sedih juga karena ketika pelepasan yang seharusnya dihadiri peserta Raimuna dan orangtua peserta namun saya sendiri yang orangtua ataupun perwakilan tidak sempat hadir namun sedihku ini ditutupi dengan rasa bangga atas pencapaianku selama ini yang tidak semua orang bisa berada diposisi saya. Dan karena saya dipercaya sebagai menjadi pradana putri, oleh karena itu saya menjadi perwakilan peserta putri yang dapat kesempatan menggunakan jaket kwarda sebagai tanda peserta yang langsung dari bapak wakil bupati Luwu Utara yaitu Bapak Suaib Mansur. Dan dilakukannya juga dokumentasi pelepasan peserta Raimuna dan kakak-kakak pembina Pinkoncab.

Tiba keberangkatan kami tepat pada bulan Agustus awal pada tanggal 5 agustus 2023 kami seluruh anggota peserta Raimuna XII dan kakak-kakak pembina berangkat menuju Cibubur. Dengan perasaan yang masih begitu tidak menyangka terharu atas pencapaian diri sendiri namun pada saat itu saya khawatir karena tidak ada kendaraan untuk berangkat ke Masamba. Dan untungnya ada teman yang bisa tempati untuk nebeng. Waktu sore menjelang magrib kami berangkat menggunakan bis sebanyak dua bis untuk berangkat ke Makassar. Saya mendapat bis bersama kakak-kakak DKC yang awalnya sedih karena ingin bersama teman-teman peserta dengan begitu banyak drama selama perjalanan kami bernyanyi-nyanyi dan bercanda gurau.

Setelah sampai di Makassar kami tiba dia Pelabuhan Makassar dan masih nginap 1 malam menunggu kapal. Dan saat itu saya izin keluar sebentar ketemu jalan dengan bunda sekalian pamit. Saya dan bunda pergi membeli baju batik dan Sepatu bahkan dengan celana saya yang robek akhirna saya dan bunda pergi juga jahit celana. Namun sebelum berangkat kami semua kontigen Sulawesi Selatan pergi pelepasan di Rujab Gubernur Sulawesi Selatan. Kami akan berangkat menuju Jakarta menggunakan Kapal yang dimana waktu tempuhnya itu 3 hari 2 malam

Tepat pada pukul 01.00 Kapal datang, bersorakan peserta Raimua XII 2023 berdatangan dan berdesakan untuk menaiki kapal karena telah menunggu lama kedatangan kapan tersebut. Dari ribuan banyak orang tidak lupa juga kami selalu diarahkan oleh kakak Pembina untuk menyanyikan yel-yel dari daerah kami agar tidak terlalu bosan. Setelah mengantri naik ke kapal untuk keberankatan ke Jakarta. Setelah kapal berlayar kami menikmati suasana laut dan menikmati sunrise dan sunset, serta sorakan bunyi air laut dan ombak yang tenang dan damai. Namun, selama di perjalanan di kapal ada beberapa teman saya yang masuk angin (mabuk perjalanan), dan banyak lagi kerecehan yang mereka lakukan. Setelah itu kami telah sampai di Surabaya karena kapal yang kami tumpangi transit 2 kali. Dan dari Surabaya kami melanjutkan perjalanan menuju Cibubur, Jakarta. Selama kurang lebih 1 hari 1 malam perjalanan menuju Jakarta, sampailah kami di Jakarta.

Pembukan Raimuna XII 2023 pun di buka, selam 1 minggu kegiatan disana, dan pembukaan Raimuna XII 2023 langsung dilaksanakan oleh bapak wakil presiden yaitu bapak Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma’ruf Amin dan begitu banyak sambutan-sambutan serta pertunjukan setelah upacara pembukaa Raimuna XII 2023 sebelum dilakukannya kegiatan-kegiatan lain kami di perlihatkan bentuk sejatinya Pramuka Indonesia.

Hari kedua sampai hari terakhir kami terbagi-bagi shift untuk melakukan kunjungan ke tempat-tempat Sejarah maupun hiburan. Pada saat itu saya mendapatkan tempat kunjungan di Universitas Indonesia bersama peserta dengan berbagai daerah. Kami diperlihatkan bentuk Universitas Indonesia dengan berbagai banyak ruang dan jurusan yang berada di Universitas Indonesia. Dan juga dijelaskan awal mula dibentuknya Univeristas Indonesia. Disamping itu kami juga mempunyai peluang tiket bisa kuliah di Universitas Indonesia. Saya begitu kagum saat pertama kali melihat kampus terfavorit se-Indonesia dengan fasilitas yang lengkap serta orang-orang yang berprestasi di dalamnya. Kami juga diberikan arahan semacam petunjuk untuk masuk ke jurusan yang ada di UI salah satunya jurusan hukum. Dengan penjelasan yang lengkap dan kata-kata yang menarik sehingga saya tertarik ingin kuliah dengan jurusan hukum. Saya juga berkesempatan bisa berkunjung di Taman Nasional, tempat Monumen bersejarah dan bertemu dengan bapak Presiden kita yaitu Pak Jokowi Widodo

Dan puncak seruan pada Raimuna XII 2023 yaitu pada malam hari kami selalu konser yang di datangkan artis-artis ternama seperti Rezky Febian, Tulus dan masih banyak lagi. Acara inti yang dilakukan selama seminggu begitu seru dan menyenangkan..

Tepat pada hari penutup upacara kegiatan Raimuna XII 2023. Akhirnya kegiatan Raimuna ini berjalan dengan lancer walaupun dengan banyak bentuk drama-drama kecil ini pngelaman yang paling mengesankan namun begitu singkat tapi bermakna

Dan juga kami bergegas pulang meuju ke Pelabuhan dan transit ke Surabaya dan Makassar. di Pelabuhan Mkassar kami juga pelepasan kontingen cabang sebelum masing-masing koncab pulang ke daerahnya masing-masing.

Ketika pulang kami kami tidak membawa banyak oleh-oleh, namu kami membawa pengalaman dan pelajaran terutama bekal untuk membangun lebih baik lagi pramuka SMAN 4 Luwu Utara seperti sekarang ini.

Terima kasih teman-teman Raimunaku dan kakak-kakak Pinkoncab atas pengalaman yang tidak semua orang bisa gapai dan pelajaran mengenai arti sejati Pramuka Indonesia.

Panjang umur perjuangan

Panjang umur hal-hal baik

Salam Pramuka!

Check Also

Empat Siswa SPALTRA Tembus ke OSN Provinsi 2024

Empat orang siswa SMAN 4 Luwu Utara dinyatakan lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat …