Empat Siswa SPALTRA Tembus ke OSN Provinsi 2024

Empat orang siswa SMAN 4 Luwu Utara dinyatakan lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Provinsi, mewakili Kabupaten Luwu Utara. Hal itu dinyatakan setelah pengumuman hasil OSN tingkat kabupaten beredar lewat grup Whatsapp sekolah.

Pengumuman itu memastikan bahwa 4 siswa akan mewakili Kabupaten Luwu Utara pada ajang OSN tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan beberapa hari kemudian.

Nama-nama siswa tersebut adalah :

  1. Maulana Fathul Alim, Kelas X, sebagai Juara 1 pada Bidang Studi Matematika
  2. Anniza Wahdania, Kelas XI MIPA 1, sebagai Juara 1 pada Bidang Studi Informatika
  3. Mahfira Rahmadani, Kelas X, sebagai Juara 2 pada Bidang Studi Astronomi
  4. Nurfadillah Suci, Kelas XI MIPA, sebagai Juara 2 pada Bidang Studi Geografi

Cayoo … Semangat semuanya …

Semoga mendapatkan hasil terbaik di tingkat provinsi.

Aamiin ..

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi ilmiah yang diadakan di Indonesia untuk siswa-siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). OSN bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi siswa dalam bidang sains, matematika, dan teknologi.

Berikut adalah sejarah singkat OSN di Indonesia:

  1. Awal Mula: OSN pertama kali digelar pada tahun 1967 di Bandung, Jawa Barat. OSN awalnya hanya melibatkan bidang matematika. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. Perkembangan: Seiring berjalannya waktu, OSN semakin berkembang dan bidang-bidang kompetisi pun bertambah. Selain matematika, OSN juga melibatkan bidang-bidang lain seperti fisika, kimia, biologi, astronomi, dan informatika.
  3. Sistem Seleksi: Sistem seleksi peserta OSN biasanya dimulai dari seleksi tingkat sekolah, kemudian seleksi tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan akhirnya tingkat nasional. Peserta yang lolos seleksi akan mewakili daerahnya dalam OSN tingkat nasional.
  4. Prestasi Internasional: Para pemenang OSN tingkat nasional biasanya diikutsertakan dalam kompetisi internasional seperti International Mathematical Olympiad (IMO), International Physics Olympiad (IPhO), International Chemistry Olympiad (IChO), International Biology Olympiad (IBO), dan lain-lain.
  5. Dukungan Pemerintah: Pemerintah Indonesia terus memberikan dukungan terhadap OSN sebagai salah satu ajang untuk mengembangkan bakat dan prestasi siswa di bidang sains dan matematika. Dukungan tersebut termasuk dalam bentuk anggaran, fasilitas, dan peningkatan kualitas pendidikan sains di sekolah-sekolah.
  6. Perkembangan Terkini: Selain OSN, terdapat juga kompetisi sains dan matematika lainnya di tingkat internasional yang diikuti oleh siswa-siswa Indonesia, seperti Asian Physics Olympiad (APhO), Asia Pacific Mathematics Olympiad (APMO), dan sebagainya. Partisipasi Indonesia dalam kompetisi-kompetisi ini juga menjadi salah satu indikator perkembangan pendidikan sains di Indonesia.

Dengan adanya OSN, diharapkan dapat mendorong minat siswa dalam bidang sains dan matematika serta menghasilkan generasi muda yang berpotensi dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Check Also

SPALTRA Raih 2 Emas & 1 Perak di Pencak Silat Bupati Cup 2023

Tiga medali berhasil disumbangkan oleh siswa-siswi SMAN 4 Luwu Utara dari Kejuaraan Pencak Silat Antar …