F.A.Q PPDB SMAN 4 Luwu Utara 2020

Informasi yang ada di halaman ini berdasar pada Juknis Lama. Sejak 3 Juni 2020, terdapat perubahan yang sudah dijelaskan dalam juknis baru.

Sudah kami update di halaman ini >> INFO LENGKAP PPDB 2020

***

1. Mengenal PPDB Online

PPDB itu kependekan dari Penerimaan Peserta Didik Baru. Sejak 2017, PPDB di Sulsel sudah menggunakan sistem online. Tahun ini adalah tahun ke-4. Server & sistem PPDB ini diatur oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. SMAN 4 Luwu Utara hanya perpanjangan tangan dari sistem yang disediakan. Jadi, daftarnya nanti ke sistem yang dihandle provinsi ya …

2. Masalah pada Sistem

Yang namanya online, ada masalah ya biasa. Server, operator dan keamanan sistem PPDB Online Sulsel ini bisa jadi down saat puluhan ribu siswa mengakses halaman pendaftaran secara bersamaan. Jadi kalau nanti websitenya kadang susah diakses, kadang lambat, kadang cuma loading atau tidak bisa diakses, itu biasa. Harus dimaklumi.

3. Halaman Akses Pendaftaran

Dari juknis yang disediakan, halaman pendaftaran nanti diakses pada link http://ppdb.sulselprov.go.id. Ini kalau tidak ada perubahan.
Ngaksesnya pake apa? Boleh pake komputer, bisa pake laptop, bisa HP. Disarankan pake komputer atau laptop sih, karena biasanya langsung print bukti pendaftaran.

4. Apakah Harus Install Aplikasi untuk Mendaftar?

Untuk halaman pendaftaran menggunakan website saja. Tidak perlu install apa-apa. Tapi pastikan sudah punya browser untuk mengakses internet ya, semisal Google Chrome, Mozilla, Opera atau sejenisnya.

5. Syarat Mengakses

Pastikan saat akses halaman pendaftaran, browser (google chrome atau mozilla) sudah update. Pastikan akses internet bagus. Kalau tidak punya akses wifi, pake paket data telkomsel juga sudah bagus kok.

6. Kesulitan Mendaftar?

Biasanya ada yang belum apa-apa sudah bingung mau daftar gimana. Gampang!! Nanti pasti banyak yang buka jasa pendaftaran PPDB online. Kakak-kakak OSIS juga katanya mau buka jasa pendaftaran online. Cuma ya harus paham, kalo mendaftar online harus siap bayar jasa. Murah kok, seharga semangkok bakso, ditambah minuman dan menginap semalam di hotel. Wkwkw.. Kidding Bos.

7. Lanjut, bicara Juknis

Sebenarnya kalo anak-anak agak rajin sedikit dan mau baca juknis, maka semua penjelasan sudah ada di sana. Hanya saja di kulWA kali ini, saya akan bahas dengan bahasa yang lebih sederhana. Semoga tidak makin pusing ya. Kalo belum apa-apa sudah pusing, minum bodrex gih cepetan.

8. Kuota Siswa Baru di SMAN 4 Luwu Utara

Jumlah kelas yang disediakan untuk PPDB 2020 ini adalah 10 kelas. Sesuai aturan, jumlah maksimal siswa dalam 1 kelas adalah 36 orang, maka jumlah total kuota PPDB SMAN 4 tahun ini adalah 10 x 36 = 360 orang. Oke ya?

9. Jurusan IPA IPS?

Dari 10 kelas itu, 7 kelas untuk MIPA, 3 kelas untuk IIS. MIPA itu Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, nama baru untuk jurusan IPA. Kalo IIS, Ilmu-Ilmu Sosial, nama baru untuk IPS. Penentuan dan pemilihan jurusan itu nanti dilakukan setelah semua siswa dinyatakan lulus. Pikir memang sejak sekarang ya. Meski begitu, di penjurusan nanti tetap dilihat nilai mata pelajaran kamu di SMP.

10. Jalur Masuk PPDB

Ada 4 jalur utama : Zonasi (Hitungan jarak rumah ke sekolah), Afirmasi (Siswa kurang mampu), Perpindahan Orang Tua (Untuk yang baru pindah dari kabupaten lain) dan Prestasi (Anak berprestasi). Nah, prestasi ini dibagi 2 : prestasi akademik (pake nilai raport) & prestasi non-akademik (prestasi OSN, olahraga, seni, pramuka, dan semacamnya)

11. Kuota masing-masing jalur PPDB

Jalur Zonasi : 50% (kalo dari 360, berarti 180 orang). Ini minimal. Sisa jalur lain yang tidak terpenuhi dialihkan ke jalur zonasi ini.
Jalur Afirmasi : 15% (Kalo dari 360, berarti 54 orang).
Jalur Perpindahan : 5% (Kalo dari 360, berarti 18 orang).
Jalur Prestasi :
@ Non-Akademik 5% (18 orang)
@ Prestasi Akademik 25% (90 orang).

12. Bagaimana memilih Jalur PPDB?

Di awal siswa bisa memilih 1 jalur yang diinginkan. Jika pada jalur itu dia tidak lulus, maka bisa mendaftar lagi dengan jalur lain pada sesi berikutnya. Yang paling awal mendaftar adalah untuk jalur Zonasi.

13. Jalur Zonasi itu apaan sih?

Zonasi adalah jalur untuk calon siswa yang rumahnya berada di KECAMATAN BONE-BONE, KECAMATAN SUKAMAJU & KECAMATAN SUKAMAJU SELATAN. Dibuktikan dengan Kartu Keluarga.
Zonasi ini diatur oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), bukan kami yang tetapkan. Siswa dari SMP di Luwu Utara, yang berdomisili di 3 kecamatan ini bisa mendaftar lewat jalur Zonasi.

14. Siswa dari Kecamatan Tanalili gimana?

Santai Bos. Meskipun tidak bisa mendaftar ke SMAN 4 Luwu Utara lewat jalur Zonasi, siswa dengan domisili Tanalili bisa mendaftar pada jalur yang lain. Bisa mendaftar pake Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Orang tua atau juga Jalur Prestasi. Piye, jek enak jamanku to? 😀

15. Syarat Jalur Zonasi apa Sih?

Syarat utama masuk di SMA itu adalah lulus dari SMP & Usia maksimal 21 tahun.
Syarat khusus jalur Zonasi adalah memiliki Kartu Keluarga, yang terbit 1 tahun lalu.
Kartu Keluarga mana? Kartu Keluarga dengan domisili Bone-Bone, Sukamaju atau Sukamaju Selatan.

16. Kartu Keluarga Saya Baru Terbit Nih!

KK yang baru terbit kurang dari 1 tahun, bisa diganti posisinya dengan surat keterangan domisili yang dikeluarkan dan disahkan oleh kepala desa atau lurah. Tapi dengan jaminan, bahwa jika data itu palsu, maka dirimu harus siap menerima resiko yang diberikan ya.

17. Saya dari Kabupaten Lain, Bagaimana Caranya?!

Tahun lalu, sistem PPDB Sulsel mengcover seluruh kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. Kalau ada yang dari kabupaten lain, nanti ditanyakan prosedurnya tahun ini gimana. Tanya kemana? Ke operator Dinas Pendidikan Provinsi. Yang jelas, tidak bisa lewat jalur zonasi ini.

18. Jalur Afirmasi gimana Pak?

Jalur afirmasi itu jalur untuk siswa kurang mampu, yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Program Keluarga Harapan (PKH). Di jalur Afirmasi, siswa dari luar zonasi (Kecamatan SELAIN Bone-Bone, Sukamaju & Sukamaju Selatan) boleh mendaftar di SMAN 4 Luwu Utara.

19. Syarat Jalur Afirmasi?

Syarat utama masuk di SMA itu adalah lulus dari SMP & Usia maksimal 21 tahun.
Syarat khusus Jalur Afirmasi adalah memiliki Kartu PKH. Kartu lain bisa? Nanti dikonfirmasi ya, sampe sekarang yang disyaratkan cuma PKH ini.

20. Lanjut Jalur Perpindahan Orang Tua

Ini kalau ada yang dari kecamatan atau kabupaten lain di daerah Sulawesi Selatan, bisa menggunakan jalur ini. PNS boleh, Polisi & TNI bisa, BUMN bisa, perusahaan swasta juga boleh. Yang penting ada surat pernyataan dari atasan bahwa orang tuanya pindah ke Luwu Utara, utamanya Kecamatan Bone-Bone.

21. Jalur Prestasi Gimana?

Untuk prestasi, terbagi 2. Kita bahas dulu yang non-akademik, karena pendaftarannya lebih dulu dibanding prestasi akademik. Pada non-akademik, siswa yang boleh mendaftar berasal dari dalam atau luar zonasi. Tapi harus punya sertifikat prestasinya ya.

22. Prestasi Non-Akademik Apa saja yang diakomodir?
Utamanya lomba yang diadakan Dinas Pendidikan & Kebudayaan serta Kementrian Agama.
1) Kejuaraan oleh Dinas Pendidikan misalnya Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional (LCSPN), Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar), Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) dan Lomba Karya Jurnalistik Siswa Nasional (LKJS).
2) Kejuaraan yang diadakan di luar kementerian pendidikan dan kebudayaan dapat berupa : a) sains (ilmu pengetahuan); b) teknologi tepat guna; c) seni dan budaya; d) olahraga ; e) keagamaan; f) Palang Merah Remaja, dan Kepramukaan.
3) Kejuaraan oleh Kementrian Agama misalnya MTQ

23. Juara Berapa Sih yang Boleh Daftar?

Minimal juara 3 tingkat kabupaten. Berarti juara 1, 2 & 3 Kabupaten boleh. Juara 1, 2 & 3 Provinsi bagus. Apalagi sampai tingkat nasional.
Untuk Juara ini, masing-masing ada poin-nya. Nanti bisa dilihat di juknis yang sudah diberikan.

24. Untuk Jalur Prestasi Akademik ini Gimana? Harus Ranking 1?

Pemeringkatan di jalur prestasi akademik ini didasarkan pada akumulasi nilai mata pelajaran di laporan pendidikan dari semester 1 sampai semester 5. Gak harus ranking 1, yang penting nilainya baik, bisa ikut di jalur ini. Mau ranking berapapun, silakan mendaftar. Semoga lulus.

25. Anak Tanalili Gimana?
Saya ulangi info ya …
Anak Tanalili TIDAK BISA mendaftar di jalur Zonasi.
Anak Tanalili BISA mendaftar di jalur Afirmasi, Perpindahan Orang Tua, dan Jalur Prestasi, baik akademik maupun non-akademik.

26. Minta Jadwal Pendaftarannya dong Pak!

Download Juknisnya Ngatiman … Semua jadwal sudah ada di sana.
Atau bisa juga lihat di fanspage sekolah ya. Calon sekolahmu. Aamiin-kan dong. 🙂
Kamu juga bisa baca lengkap di sini >> https://www.sman4luwuutara.sch.id/info-ppdb-2020/

27. Kalau Mengalami Masalah Pendaftaran Gimana?

Kita punya beberapa media untuk helpdesk. Bisa lewat website, lewat facebook, atau via WA Grup. Kalau misalnya kamu menemui masalah saat mendaftar, kamu bisa langsung minta bantuan helpdesk (admin Grup WA ini, jumlahnya 11 orang). Semuanya bisa dimintai tolong. Sebaiknya via Chat WA saja yah, jangan nelpon. Kenapa? Biar bisa lebih fokus bantuin masalahnya. Via chat masalah bisa dijelaskan lebih detail.

28. Ada pembayaran Nggak Sih di PPDB ini?

Untuk proses pendaftaran hingga kelulusan, TIDAK ADA BIAYA SAMA SEKALI. Kecuali kamu minta bantuan jasa pendaftaran online, ya bayar ke mereka. Kami (admin grup ini) tidak menerima permintaan pendaftaran.
TAPI … kalo nanti sudah dinyatakan lulus, ya ada biaya.
Misalnya, beli baju batik atau seragam, beli badge sekolah, dasi topi. Semua untuk kepentingan kamu sendiri sih.

29. Data NIK di KK Saya Tidak Ditemukan Sistem!

Untuk kasus seperti ini, nanti minta bantuan ke admin grup WA ini. Biasanya masalahnya adalah data di Kependudukan belum sinkron dengan data sistem PPDB. Penyelesaiannya adalah NIK kamu dikirimkan ke operator provinsi, oleh admin. Sehabis itu, operator provinsi melakukan sync, terus kamu bisa coba lagi. Mungkin butuh waktu sehari, bisa juga 2 hari, bisa juga berhari-hari. Yang penting sabar.

30. Baju Seragam Gimana?

Sebaiknya, kalau mau beli baju seragam, tunggu info dari sekolah. Jangan sampai kamu salah pilih beli baju seragam. Karena ada beberapa model di luar sana yang tidak sesuai dengan aturan sekolah. Topi & Dasi ada nama sekolah ya. Sepatu hitam polos 90%, kaos kaki putih. Info ini nyusul lah. Jangan sampe buru-buru beli ya.

31. Ini Nanti Harus Ke Sekolah Nggak sih Selama Proses Pendaftaran?

PPDB ini full online. Semua bisa kamu kerjakan dari rumah. Mulai dari pendaftaran, verifikasi data, cek pengumuman, hingga daftar ulang.
Tahun lalu proses verifikasi berkas dilakukan di sekolah, oleh operator sekolah. Tahun ini tidak. Semua proses dilakukan online.

32. Bagaimana Cara Upload Berkas?

Cara upload berkas ke website sama seperti kamu upload foto ke facebook. Tinggal foto, perbaiki kualitas, gak perlu dikasih filter, upload. Selesai. 🙂

33. Kalo ada 2 sertifikat yang dimiliki bagaimana?

Gunakan sertifikat yang juaranya paling tinggi.

34. Apakah PLS pasti akan dilaksanakan?

Pengenalan Lingkungan Sekolah dijadwalkan. Tetap melihat situasi Covid.
Kalau sudah aman, ya dilaksanakan. Kalau tidak, ya tidak.
TUnggu info saja

35. Apakah juara harapan bisa digunakan?

Juara harapan tidak masuk.
Itu kan juara 4, 5, & 6.
Yang diakomodir juara 1, 2 & 3

36. Beda syarat di setiap jalur apa sih?

Jadi, kalo zonasi HANYA PERLU KK, tidak perlu raport, tidak perlu PKH, tidak perlu sertifikat.
Kalo afirmasi PERLU KK & Kartu PKH, tidak perlu raport, tidak perlu sertifikat.
Kalo perpindahan PERLU KK & Surat Mutasi, tidak perlu raport, tidak perlu sertifikat.
Kalo Prestasi Akademik HANYA PERLU RAPORT, tidak perlu KK, tidak perlu sertifikat.
Kalo Prestasi Non-Akademik HANYA PERLU SERTIFIKAT, tidak perlu raport, tidak perlu KK, tidak perlu PKH.

Tapi semua ini, perlu SKL & Akta kelahiran.

Begitu intinya gaes

37. Pak, selama sekolh dapat peringkt trus, tapi di dlm raport tidk tertera paringktnya gimn itu pa?

Nanti diurutkan nilai raportnya oleh sistem ini kayaknya.
Dibandingkan dengan pendaftar yang lain.

Btw, syarat menggunakan nilai raport ini baru ada tahun ini ya. Tahun lalu belum.
Jadi nanti kalo ada info terbaru, kita share di website ini.

Check Also

Data Nama Siswa Baru SP4LTRA 2020

Berikut ini adalah data nama siswa baru SMAN 4 Luwu Utara yang telah dinyatakan lulus …

Sorry, you can't copy this content.
X